Tujuan
Membuat animasi kepala menoleh dengan antisipasi (head turn with anticipation)
Petunjuk
Berikut adalah contoh-contoh head turn with anticipation
Dasar Teori
- Anticipation : Antisipasi dapat dijelaskan sebagai sebuah pergerakan awal sebelum karakter melakukan gerakan utamanya, misalnya berlari, melompat atau perubahan ekspresi. Seorang penari tidak akan begitu saja melompat dari lantai tanpa sebelumnya membungkuk. Gerakan ke belakang biasanya akan terjadi sebelum gerakan ke depa dilakukan. Hampir semua gerakan di dunia nyata akan memperlihatkan antisipasi dilakukan baik itu nyata terlihat (ketika seorang pegolf memukul bola) ataupun terlihat kabur (ketika kita menolehkan kepala misalnya).
- Timing and Spacing (Slow in/Slow out) : timing berhubungan dengan durasi atau jumlah frame yang diperlukan oleh
sebuah action. timing yang tepat akan membuat sebuah action tampil
meyakinkan. berikut adalah penjelasan singkat tentang animasi yang
menggunakan timing yang tepat versus animasi dengan timing yang
kurang pas.
sedangkan spacing berhubungan dengan kecepatan sebuah benda. apakah benda tersebut memiliki kecepatan konstan atau dipercepat atau diperlambat atau kombinasi dipercepat dan diperlambat.
berikut adalah variasi-variasi spacing dalam proses pembuatan animasi.
- Timing and Spacing (http://hiwulan.blogsopt.com)
- Arcs : Arcs artinya lengkungan. secara umum, di dunia nyata, hampir tidak
ada gerakan lurus atau diagonal sempurna. semuanya ada lengkungannya.
pada kasus bouncing ball across screen, lintasannya akan membentuk lengkungan sebagai berikut
- Arcs of bouncing ball across screen (www.angryanimator.com)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar