Pages

Sabtu, 06 September 2014

Animasi Karakter dan Motion Graphic 2D

Hi, saya punya tugas kuliah nih .. mencari refrensi tentang animasi karakter dan motion graphic animasi 2D. Ini tugas teori dari mata kuliah Animasi 2D di awal semester 3 tahun ajaran 2014-2015. Dan untuk tugas kali ini, saya mencari sumber dari http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2009/12/pengertian-dan-sejarah-animasi-karakter/ untuk informasi tentang pengertian dan sejarah Animasi Karakter, lalu http://id.wikipedia.org/wiki/Film_Animasi_2D_dan_3D dan http://id.wikipedia.org/wiki/Scooby-Doo untuk contoh karakter animasi 2D. Untuk motion graphic-nya saya mengambil refrensi dari http://en.wikipedia.org/wiki/Motion_graphics   yang saya terjemahkan dalam Bahasa Indonesia, dan juga saya mengambil contoh video dari http://www.youtube.com/watch?v=kijgM2EbIoU yang merupakan video promosi kegiatan mahasiswa http://despro.its.ac.id/ dan http://www.youtube.com/watch?v=VN0DSW9YS50.
Oke, dari refrensi-refrensi tersebut saya akan meringkasnya sebagai berikut :

Animasi Karakter

Pengertian animasi karakter adalah suatu teknik penggambaran dan pengolahan karakter baik berupa 2 dimensi maupun 3 dimensi sehingga peran/karakter yang dibuat seolah-olah hidup dan bersifat seperti makhluk hidup. Untuk membuat karakter tampak seolah-olah hidup, dibutuhkanlah beberapa animasi yang sesuai dengan sifat dan karakteristik makhluk hidup tersebut.
Pada Abad 21 perkembangan animasi mulai mengaitkan pada teknologi komputer. Dari proses penggambaran, pewarnaan, dan penganimasian. Sebagai contoh animasi yang sangat terkenal dan banyak digandrungi oleh anak-anak adalah animasi berupa kartun yaitu Tom and Jerry. Namun, dari berbagai karakter yang ada dapat dikategorikan menjadi 2 jenis karakter yaitu karakter dalan wujud 2 dimensi dan wujud 3 dimensi. Adapun sebagai contoh wujud karakter 2 dimensi yaitu Wayang, Kartun, dan anime, contohnya seperti kartun Transformer, anime One Piece. Untuk karakter dengan wujud 3 dimensi yaitu kartun Final Fantasy, Monster Inc, Finding Nemo, dan lain-lain. Animasi 3 Dimensi disebut juga sebagai CGI (Computer Generated Imagery).
Dari sebagian kecil contoh animasi karakter 2D diatas, terdapat film animasi karakter 2D yang cukup terkenal mulai tahun 1969 sampai sekarang yaitu Scooby doo. 

Contoh Animasi Karakter (Scooby doo)
Scooby-Doo adalah sebuah serial animasi televisi Amerika Serikat yang diproduksi untuk acara televisi Sabtu pagi hari (jam tayang untuk acara televisi anak-anak di AS). Film animasi ini telah diproduksi dalam beberapa versi yang berbeda dari tahun 1969 hingga sekarang.

Serial animasi Scooby-Doo diciptakan oleh Joe Ruby, Ken Spears (cerita) dan Iwao Takamoto (perancang karakter) untuk Hanna-Barbera Productions produser film animasi yang menghasilkan banyak seri-seri lainnya yang berhubungan dengan Scooby-Doo hingga dibelinya rumah produksi ini oleh Warner Bros. pada tahun 1997. Warner Bros. ini kemudian meneruskan produksi serial animasi ini sejak saat itu.

Walaupun format acara dan tokoh-tokoh serial ini berbeda-beda semenjak diciptakan, versi serial TV Scooby-Doo yang paling terkenal adalah yang terdiri atas Scooby-Doo seekor anjing yang mampu berbicara dan empat orang remaja: Fred "Freddie" Jones, Daphne Blake, Velma Dinkley, dan Norville "Shaggy" Rogers.

 Contoh karakter animasi 2D Scooby Doo

Seri animasi TV Scooby-Doo mulanya ditayangkan di stasiun TV AS CBS dari tahun 1969 hingga tahun 1976 ketika acara ini pindah ke ABC. Stasiun TV ABC menghentikan tayangan film seri ini pada tahun 1986, tapi menayangkan seri tiruannya berjudul "A Pup Named Scooby-Doo" dari tahun 1988 hingga tahun 1991. Seri Scooby-Doo baru, "What's New, Scooby-Doo?", ditayangkan oleh Cartoon Network dan diteruskan oleh WB Network dalam bagian program Kids' WB dari tahun 2002 hingga tahun 2005. Serial Scooby-Doo terkini, "Shaggy & Scooby-Doo Get a Clue!", ditayangkan tiap Sabtu pagi oleh CW Network. di Indonesia Scooby-Doo pernah ditayangkan di ANTV pada awal Mei 1995, sampai sekarang ditayangkan di Trans7.

Motion Graphic
Motion Graphic adalah grafis yang menggunakan rekaman video dan atau teknologi animasi untuk menciptakan ilusi gerak atau rotasi, dan biasanya dikombinasikan dengan audio untuk digunakan dalam proyek multimedia. Motion Graphic biasanya ditampilkan melalui teknologi media elektronik, tetapi dapat ditampilkan melalui teknologi manual (misalnya thaumatrope, phenakistoscope, stroboscope, zoetrope, praxinoscope, flip book) juga. Istilah ini berguna untuk membedakan antara grafis dari grafik dengan penampilan transformasi dari waktu ke waktu.
Contoh Motion Graphic 2D
 Contoh 1. Classy Style Motion Graphic - SELF BRANDING GRAND VIDEO

Contoh 2. Motion Graphics Showreel 2014 

Okee sekian untuk artikel tentang Animasi Karakter dan Motion Graphic 2D. Terima kasih sudah membacanya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About

Hamidah Nur Hidayati|D3 Teknologi Multimedia Broadcasting 2013| Politeknik Elektronika Negeri Surabaya