Pages

Jumat, 12 Juni 2015

Praktikum 6 – 3D Modeling menggunakan Blender

Praktikum 6 – 3D Modeling menggunakan Blender
       A.     Tujuan
Membuat model 3D menggunakan modifiers pada Blender
       B.     Alat
Blender 2.73a
       C.      Dasar Teori
Ada banyak bentuk Polygon Modeling, diantaranya:
1.      Primitive Modelling
Primitive modeling adalah bentuk teknik modeling paling sederhana dimana komponen yang dimanipulasi/diubah-ubah adalah bentuk-bentuk primitif seperti kubus, silinder, kerucut, torus, dan bola.
berikut adalah contoh primitive modeling.
2.      Polygon Editing
Polygon editing adalah teknik modeling dengan manipulasi polygon. Alat yang biasa digunakan adalah extrude dan loop cut. Selain itu manipulasinya juga dilakukan pada titik(point/vertex), garis(edge), ataupun sisi(face).
berikut adalah contoh polygon editing
3.      Modifiers
Modifiers merupakan fasilitas untuk membuat sebuah model tanpa harus membuat seluruh polygon yang diperlukan. Beberapa modifiers yang umum digunakan antara lain mirror, subdivision, dan array

       D.     Petunjuk Praktikum
Buatlah objek berikut menggunakan subdivion multiplier :
1.      Mangkuk
2.      Pitcher
3.       Teko

       E.      Hasil Praktikum
Berikut adalah screenrecord hasil dari percobaan yang telah dibuat:
1.      Mangkok


2.      Pitcher/Jar


3.      Ceret/Teko


       F.      Kesimpulan

Masing-masing modifiers memiliki fungsi yang berbeda-beda tergantung penggunaannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About

Hamidah Nur Hidayati|D3 Teknologi Multimedia Broadcasting 2013| Politeknik Elektronika Negeri Surabaya