Praktikum 6
– 3D Modeling menggunakan Blender
A.
Tujuan
Membuat model 3D menggunakan modifiers pada Blender
B.
Alat
Blender 2.73a
C.
Dasar Teori
Ada banyak bentuk Polygon Modeling, diantaranya:
1. Primitive
Modelling
Primitive
modeling adalah bentuk teknik modeling paling sederhana dimana komponen yang
dimanipulasi/diubah-ubah adalah bentuk-bentuk primitif seperti kubus, silinder,
kerucut, torus, dan bola.
berikut adalah contoh primitive modeling.
berikut adalah contoh primitive modeling.
2. Polygon
Editing
Polygon
editing adalah teknik modeling dengan manipulasi polygon. Alat yang biasa
digunakan adalah extrude dan loop cut. Selain itu manipulasinya juga dilakukan
pada titik(point/vertex), garis(edge), ataupun sisi(face).
berikut adalah contoh polygon editing
berikut adalah contoh polygon editing
3. Modifiers
Modifiers
merupakan fasilitas untuk membuat sebuah model tanpa harus membuat seluruh
polygon yang diperlukan. Beberapa modifiers yang umum digunakan antara lain
mirror, subdivision, dan array
D.
Petunjuk
Praktikum
Buatlah objek
berikut menggunakan subdivion multiplier :
1. Mangkuk
2. Pitcher
3. Teko
E.
Hasil
Praktikum
Berikut adalah screenrecord hasil dari percobaan yang telah
dibuat:
1. Mangkok
2. Pitcher/Jar
3. Ceret/Teko
F.
Kesimpulan
Masing-masing modifiers memiliki fungsi yang berbeda-beda
tergantung penggunaannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar