Pages

Jumat, 12 Juni 2015

Praktikum 9 – Blender Bouncing Ball Exercise

A.     Tujuan

Menggunakan Blender Bouncing Ball Exercise untuk mengenal tool animasi yang disediakan oleh blender.

B.     Alat

Blender 2.6+

C.      Dasar Teori

1.     Bouncing ball dilihat dari sudut pandang 12 prinsip animasi

 


               Bola mantul melewati layar (source: misscaptainalex.wordpress.com

Contoh bola memantul(bouncing ball) tersebut merupakan kombinasi dari beberapa konsep animasi sekaligus

diantaranya.

1.      Timing and Spacing
Timing berhubungan dengan durasi atau jumlah frame yang diperlukan oleh sebuah action. timing yang tepat akan membuat sebuah action tampil meyakinkan. berikut adalah penjelasan singkat tentang animasi yang menggunakan timing yang tepat versus animasi dengan timing yang kurang pas.

Sedangkan spacing berhubungan dengan kecepatan sebuah benda. apakah benda tersebut memiliki kecepatan konstan atau dipercepat atau diperlambat atau kombinasi dipercepat dan diperlambat.
berikut adalah variasi-variasi spacing dalam proses pembuatan animasi.


    Timing and Spacing (http://hiwulan.blogsopt.com)

2.      Arcs (lintasan gerak)
Arcs artinya lengkungan. secara umum, di dunia nyata, hampir tidak ada gerakan lurus atau diagonal sempurna. semuanya ada lengkungannya.
Pada kasus bouncing ball across screen, lintasannya akan membentuk lengkungan sebagai berikut
t


Arcs of bouncing ball across screen (www.angryanimator.com)

2.     Blender Dope Sheet Editor

Blender dopesheet editor digunakan untuk melihat property apa saja yang terpengaruh oleh sebuah keyframe.


dopesheet-editor

Dopesheet Editor

3.     Blender Graph Editor

Graph editor merupakan editor untuk memanipulasi spacing antar keyframe. Digunakan untuk mengimplementasikan ease in, ease out, dan constant movement


graph-editor

Graph Editor

4.     Motion Paths

Motion path merupakan menu untuk menvisualkan kalkulasi gerakan yang dilakukan oleh blender. Salah satu kegunaan alat ini adalah untuk mengecek arcs dari sebuah gerak animasi


cube-motion-path

Cube with motion path

D.     Petunjuk Praktikum

1.      Gunakan Dope sheet editor untuk mengatur timing

2.      Gunakan Graph editor untuk mengatur spacing

3.      Gunakan Motion path untuk mengevaluasi arcs dan spacing

E.      Latihan Praktikum

Lakukanlah latihan bertingkat berikut ini:

1.      Buatlah bouncing ball dengan gerakan vertical saja (vertical only/bounce in place/mantul di tempat)
Tirukan gerakan dari bowling ball berikut ini. Jika sudah mampu, lanjutkan ke soccer ball jika ada waktu sisa praktikum.

2.      Bouncing ball vertical

Buatlah bouncing ball dengan gerakan across the screen (melintasi layar)
Bouncing ball across the screen

bouncing-across-the-screen

3.      Buatlah bouncing ball across the screen dengan tambahan squash and stretch (penyet)


bouncing-ball-squash-stretch

4.      Bouncing ball with squash and stretch

F.      Hasil Praktikum yang diharapkan

Berikut video reel dari hasil kerja yang telah dikerjakan

1. Bouncing + Move

2. Bouncing



 

 

G.     Kesimpulan yang diharapkan


Untuk membuat animasi bouncing ball yang diperlukan beberapa kali percobaan agar mendapatkan hasil yang sesuai dengan yang diinginkan dan sesuai dengan referensi yang kita dapatkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About

Hamidah Nur Hidayati|D3 Teknologi Multimedia Broadcasting 2013| Politeknik Elektronika Negeri Surabaya