Praktikum ke-2 animasi 2D dilaksanakan di ruang lab JJ-310 Politeknik Elektronika Negeri Surabaya. Praktikum ini membutuhkan alat dan bahan berupa software Pensil 2D dan fasilitas lab berupa seperangkat PC MAC dan WACOM untuk masing-masing mahasiswanya.
Tujuan dari praktikum kedua ini adalah untuk mengetahui bagaimana membuat Bouncing Ball secara horizontal dengan lompatan yang terstruktur.
Tujuan dari praktikum kedua ini adalah untuk mengetahui bagaimana membuat Bouncing Ball secara horizontal dengan lompatan yang terstruktur.
Berikut adalah langkah-langkah yang saya lakukan saat membuat Bouncing Ball pada awal praktikum saya. (karena waktu praktikum lupa untuk screen shoot jadi gambar langkah-langkahnya memakai langkah-langkah pensil 2D pada Windows. Tapi semuanya hampir sama.)
- Buka aplikasi software Pensil 2D
- Maka akan muncul tampilan seperti ini
- Gambar bola pada layout pertama
- Langkah pertama adalah pindah bola sesuai lokasi yang diinginkan untuk memulai Bouncing Ball Horizontal, dengan cara pilih tool select > select bola > klik tool select/move object > lalu letakkan bola sesuai yang anda inginkan
- Untuk membuat agar lompatan bisa seimbang maka terapkan konsep awal, tengah dan akhir, yaitu menentukan kearah mana bola itu akan memantul
- Jadi untuk layer pertama kita membuat "bola awal", layer ke-2 membuat "bola tengah", dan layer ke-3 membuat "bola akhir"
- Lalu menentukan jumlah timing frame dan kelambatan posisi bola
- Lalu buat Bitmap layer baru pada Time Line, dengan cara klik layout bitmap 2 lalu klik key +. Agar anda tidak menggambar satu persatu pada layer, maka anda harus menduplikat gambar pada layer pertama dengan cara Ctrl+c lalu Ctrl+v pada layer berikutnya.
- Lakukan tahap 4 untuk memindah bola
- Lakukan tahap 5 dan 6 secara terus menerus sesuai keinginan anda
- Lalu coba play hasil kerja anda
- Selesai ^_^
Selamat mencoba ^_^
Tidak ada komentar:
Posting Komentar