A.
Tujuan
Mengenal cara mewarnai obyek 3D (3D model)
B.
Alat
Blender 2.73a
C.
Dasar
Teori
Ada banyak cara untuk mewarnai 3D model. Secara umum
ada 3 bagian yang saling berkaitan yaitu
1. Material
2. Texture
3. Lighting
Ketiga komponen itu hanya berupa setting dimana diperlukan satu komponen lagi untuk memproses settingan tersebut. Komponen yang bisa memproses settingan tersebut disebut dengan render engine. Di blender terdapat dua render engine, yaitu blender internal dan cycles. Secara default, yang aktif adalah blender internal. Akan tetapi untuk pemula, relatif lebih mudah jika menggunakan cycles.
1. Material
2. Texture
3. Lighting
Ketiga komponen itu hanya berupa setting dimana diperlukan satu komponen lagi untuk memproses settingan tersebut. Komponen yang bisa memproses settingan tersebut disebut dengan render engine. Di blender terdapat dua render engine, yaitu blender internal dan cycles. Secara default, yang aktif adalah blender internal. Akan tetapi untuk pemula, relatif lebih mudah jika menggunakan cycles.
Introduction
to Cycles
berikut adalah perkenalan singkat dengan render
cycles yang disajikan oleh andrew price dari blender guru
Introduction
to UV Mappping
berikut adalah perkenalan dengan uv mapping
https://www.youtube.com/watch?v=gQrFL0S7CNQ
https://www.youtube.com/watch?v=gQrFL0S7CNQ
Introduction
to texturing
Berikut adalah penjelasan dasar tentang texturing.
silahkan disimak di blendercookie, atau lihat video embed-nya di sini
Realistic
texturing
realistic texturing berangkat dari gambar texture
yang bagus, tapi tidak berhenti disitu. perlu dilanjut ke bump map, reflection
map, dan displacement map. Detailnya bisa dipelajari di blender guru, berikut adalah video penjelasannya
(Warning: English Ear Required)
(Warning: English Ear Required)
D.
Petunjuk
Praktikum
1. Percobaan
1: Material Setting
Ikuti petunjuk tutorial berikut untuk bermain dengan material setting dasar yang disediakan oleh blender. Tutorialnya bisa dibaca dicgtutplus
Ikuti petunjuk tutorial berikut untuk bermain dengan material setting dasar yang disediakan oleh blender. Tutorialnya bisa dibaca dicgtutplus
2. Percobaan
2: UV Mapping
Ikuti petunjuk tutorial berikut untuk uv mapping. Tutorialnya bisa dilihat di cgtutplus
Ikuti petunjuk tutorial berikut untuk uv mapping. Tutorialnya bisa dilihat di cgtutplus
E.
Hasil
Praktikum
Berikut hasil praktikum yang sudah dirender 360
F.
Kesimpulan
yang diharapkan
Mahasiswa dapat membuat kesimpulan dalam bentuk
ringkasan pengalaman yang diperoleh dari praktikum ini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar