skip to main
|
skip to sidebar
Hamidah Nur Hidayati
Pages
Beranda
TASK
Theory
Practicum
Jurnalistic
H.Notes.H
PORTFOLIO
Photography
Animation
Videography
Sub 4
Sub 5
Sub 6
CONTACT HNH
Selasa, 03 Maret 2015
Hasil Praktikum: Belajar Navigari pada Software Blender 3D
Tujuan
Mengenal navigasi dalam blender.
Mahasiswa diharapkan mampu memanipulasi tampilan objek 3D pada aplikasi Blender.
Alat
Blender minimal versi 2.72
Bahan
Mike pan’s BMW
Mike Pan’s BMW
Dasar Teori Navigasi dalam Blender
Sebelum melakukan produksi menggunakan sebuah software, perlu diketahui beberapa perintah-perintah dasar to ‘get around inside the software’. perlu diketahui perintah-perintah dasar sekitar melihat-lihat objek 3d.
Orbit dan Pan adalah navigasi yang paling sering saya gunakan di blender. Lihat gambar di atas
"
fungsi Num Pad di blender"
tombol keyboard yang berfungsi Orbit dan Pan
Tombol keyboard yang dapat di gunakan untuk zoom :
Num pad +
dan
Num pad -
– Orbit (
Untuk melakukan orbit pada blender menggunakan mouse adalah dengan cara)
Tekan dan tahan
mid click
kemudian
geser
ke arah yang kita inginkan, kemudian lepaskan
mid click
jika kita sudah pada pandangan yang pas.
– Pan
Pan (Geser Kanan Geser Kiri)
Untuk pan (geser) mirip seperti Orbit hanya saja kita sambil menekan tombol Shift secara bersamaan untuk lebih jelasnya ikuti cara berikut :
Tekan tombol
shift
dan tahan
mid click
kemudian
geser
ke arah yang kita inginkan, kemudian lepaskan semuanya jika sudah pada pandangan yang pas.
– Zoom
(
Untuk zoom masih ada cara lain yang melakukan zoom
lebih mulus
. ikuti cara berikut t
ekan tombol
Ctrl
dan tahan
mid click
kemudian
geser
ke arah yang kita inginkan, kemudian lepaskan semuanya jika sudah pada pandangan yang pas)
– Camera Perspective dengan cara tekan numb 0 atau lihat view
Mouse scroll
Perintah tersebut bisa dilakukan untuk mouse yang memiliki middle button. Untuk mouse tanpa middle button, perlu mengaktifkan emulate 3 button yang terdapat pada menu
File -> User Preferences
pada tab
Input
seperti gambar berikut
Emulate 3 Button Mouse
Petunjuk Praktikum
Download file
Mike pans’s BMW
Buka aplikasi blender
Pilih menu
File -> Open
pada bagian pojok kiri atas dari blender.
Menu
File->Open
Pada tampilan File Explorer, pilih file “Mike Pan’s BMW” yang sudah didownload sebelumnya.
Tampilan File Browser
Pastikan tampilan blender-nya sebagai berikut
Tampilan Setelah Loading File
Hasil Praktikum
Mengganti viewport dari camera perspektif menjadi user perspektif
Melakukan zoom in dan zoom out
Melakukan pan left dan pan right
Melakukan orbit
Refrensi
http://blenderartists.org/forum/showthread.php?239480-2-7x-Cycles-benchmark-%28Updated-BMW%29 2. http://cgcookie.com/blender/lessons/interface-and-navigation/ 3. http://www.mohhasbias.com/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Posting Lebih Baru
Posting Lama
Beranda
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Popular Posts
Praktikum 6 Character Blinking
Laporan Pratikum 6 Character Blinking Pada latihan ke 6 akan membahas tentang 'Character Blinking' dimana animasi...
Animasi Karakter dan Motion Graphic 2D
Hi , saya punya tugas kuliah nih .. mencari refrensi tentang animasi karakter dan motion graphic animasi 2D. Ini tugas teori dari mata kuli...
Walk Cycle
Tujuan Membuat animasi walk cycle Dasar Teori Walk cycle : Walk Cycle, merupakan bagian tak terpisahkan dari sebuah produk anim...
Nasi Boranan Khas Lamongan
gb.1 Makanan Khas Lamongan "Nasi Boranan" gb.2. Macam-macam lauk Nasi Boran "ikan Sili" gb.2. Macam-ma...
Praktikum 5 – Polygon Modelling
A. TUJUAN Membuat model 3D menggunakan teknik Polygon Modelling B. ALAT Blender 2.73a C. DASAR TEORI Polygon Modeling...
Praktikum 4: Kepala Menoleh
Tujuan membuat animasi kepala menoleh sederhana (simple head turn) Dasar Teori Berikut adalah beberapa dasar teori yang dapat diterapka...
Praktikum 4 - Rendering Render Video and Render Image Sequence
I. Tujuan Melakukan rendering untuk menghasilkan output akhir berupa video II. Alat & Bahan Blender 2.72 1. Rotated...
Display 60 Gasture Drawing [Animasi 2D]
60 gesture
Praktikum 7 CHARACTER THINKING
CHARACTER THINKING Ketika menghidupkan karakter, setiap gerakan, setiap tindakan harus ada karena suatu alasan. Jika karakter ad...
Script Berita Radio : Lapangan Merah EEPIS Banjir
Gb. Lapangan Merah EEPIS Banjir Selamat siang creative rengers/ jumpa lagi di siaran radio "KISMIS"/ kisah seputar mahasiswa...
Blogger templates
Labels
Galeri Jurnalistik
Praktikum Animasi 2D I :Laporan Praktkum
Praktikum Animasi 2D I :Pendahuluan
Praktikum Animasi 2D II :Laporan Praktkum
Tugas Teori Animas 2D 1
Blog Archive
►
2016
(10)
►
Juni
(1)
►
Mei
(2)
►
April
(4)
►
Maret
(3)
▼
2015
(13)
►
Juni
(6)
►
April
(1)
▼
Maret
(4)
Praktikum 4 - Rendering Render Video and Render Im...
Praktikum 3 - 360 Turn Table Animation Tujuan M...
Praktikum 2 – Melakukan render di Blender untuk pe...
Hasil Praktikum: Belajar Navigari pada Software Bl...
►
Januari
(2)
►
2014
(22)
►
Desember
(2)
►
November
(4)
►
Oktober
(8)
►
September
(8)
Blogger news
Blogroll
About
Hamidah Nur Hidayati
|D3 Teknologi Multimedia Broadcasting 2013| Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar